Download Linux Ubuntu versi 13.10

Kategori

Wow sepertinya linux versi yang satu ini merupakan versi yang palin ditunggu tunggu oleh linux lovers semua bagaimana tidak versi ini bisa dikatakan sebagai pesaing berat microsoft dengan windows 8 nya.


Seperti tidak ingin kalah cepat dengan Microsoft, pada saat yang hampir bersamaan, Canonical sebagai pengembang Ubuntu juga secara resmi merilis Ubuntu 13.10 dengan nama kode Saucy Salamander.

Ubuntu 13.10 memang rilis sesuai dengan jadwalnya yaitu bulan ke 10 (Oktober) sesuai kode angka dibelakangnya. Hanya saja biasanya Canonical selalu merilis pada akhir bulan. Dan mungkin dengan alasan tidak ingin ketinggalan dengan momen peluncuran Windows 8.1, Ubuntu 13.10 rilis lebih cepat beberapa minggu dibanding sebelum-sebelumnya.

Karena merupakan versi non-LTS, tidak banyak terdapat perubahan dibanding Ubuntu 13.04 dari sisi interface. Namun Canonical menegaskan bahwa versi ini banyak memberikan perbaikan dibanding versi sebelumnya dalam hal stabilitas.

Salah satu perubahan terbesar dalam Ubuntu ini adalah implementasi dari kernel Linux terbaru. Hal ini ditujukan bagi pemilik perangkat keras terkini sehingga dapat menikmati sistem operasi dengan kompatibilitas yang lebih luas terhadap perangkat baru.

Seperti biasanya pula, selain Ubuntu, Canonical juga merilis varian dari Ubuntu 13.10, diantaranya Kubuntu, Xubuntu, Ubuntu GNOME, serta Lubuntu.

Yang agak mengecewakan, Ubuntu 13.10 hanya akan mendapatkan dukungan teknis selama 9 bulan ke depan. Sedangkan versi sebelumnya, Ubuntu 13.04 Raring Ringtal tetap mendapatkan dukungan teknis selama 18 bulan. Menurut kabar, hal ini dikarenakan tim Canonical yang lebih fokus pada pengembangan Ubuntu Phones.

Anda bisa langsung mengunduh Ubuntu 13.10 melalui www.ubuntu.com/download yang tersedia dalam tiga versi, yaitu desktop, server, dan cloud.

Berikut Screenshoot dari OS nya :







Keren bukan? nah cukup sekian dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar